Laman

Selasa, 08 Juni 2010

KTSP BAB VI

BAB VI

PENGEMBANGAN DIRI

  1. Konsep dan Sifat Kegiatan Pengembangan Diri

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai  bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah.Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling  berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir peserta didik, serta kegiatan ekstra kurikuler. Untuk satuan pendidikan kejuruan, kegiatan pengembangan diri, khususnya pelayanan konseling ditujukan untuk pengembangan kreativitas dan karir. Untuk satuan pendidikan khusus, pelayanan konseling menekankan peningkatan kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.

Kegiatan pengembangan diri difasilitasi/dilaksanakan oleh konselor, dan kegiatan ekstra kurikuler dapat diselenggarakan oleh konselor, guru dan atau tenaga kependidikan lain sesuai dengan kemampuan dan kewenangannya. Pengembangan diri yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstra kurikuler dapat megembangkan kompetensi

1.      Tujuan Umum

            Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat,  minat, kondisi dan perkembangan peserta didik dengan memperhatikan kondisi sekolah/madrasah.

      2.  Tujuan Khusus

            Pengembangan diri bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan:

            a.  Bakat

            b.  Minat

            c.  Kreativitas

            d. Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan

            e.  Kemandirian

            f.  Kemampuan kehidupan keagamaan

            g.  Kemampuan sosial

            h.  Kemampuan belajar

            i.    Wawasan dan perencanaan karir

            j.    Kemampuan pemecahan masalah

 

  1. Bentuk Dan Sasaran Kegiatan Pengembangan Diri

Pelaksanaan kegiatan  pengembangan diri di MIN Janti Slahung adalah  sebagai berikut.

1.      Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, seperti: upacara bendera, senam, ibadah khusus keagamaan bersama, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan diri.

2.      Spontan, adalah kegiatan  tidak terjadwal dalam kejadian khusus seperti: pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat (pertengkaran).

3.      Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti:   berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang lain, datang tepat waktu.

4.      Terprogram, adalah kegiatan  yang dirancang secara khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual,  kelompok, dan klasikal melalui penyelenggaraan layanan dan kegiatan pendukung konseling, krida, karya ilmiah, latihan/lomba keberbakatan/prestasi, seminar, workshop, bazar, dan kegiatan lapangan. 

5.      Pengkondisian, adalah pengadaan sarana yang mendorong terbentuknya perilaku terpuji.

 

RUANG LINGKUP

 

      Pengembangan diri meliputi dua komponen:

  1. Pelayanan konseling, meliputi pengembangan:

a.  kehidupan pribadi

b.  kemampuan sosial

c.  kemampuan belajar

d.  wawasan dan perencanaan karir

 

  1. Ekstra kurikuler, meliputi kegiatan:

a.  kepramukaan

b.  latihan kepemimpinan, ilmiah remaja, palang merah remaja

c.  seni, olahraga, cinta alam

d.  keagamaan

 

 

  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Secara Keseluruhan, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kegiatan Pengembangan diri dan Pelajaran lain telah tertuang pada bab sebelumnya.

 

  1. Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri

a.       Terstruktur

1)      Wajib Baca

Tujuan :

§  Menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada siswa

§  Meningkatkan penguasaan informasi tentang ilmu pengetahuan, keagamaan, dan fiksi pada siswa.

 

2)      Bimbingan Konseling

Melayani

§  Masalah kesulitan belajar siswa dan kehidupan sosial siswa

§  Pengembangan  karir siswa

§  Pemilihan jenjang pendidikan lebih tinggi

3)      Peringatan Hari Besar Nasional dan Agama

Tujuan :

Menumbuhkan patriotisme dan menghargai pengorbanan para pendiri negara dan bangsa, memupuk kebiasaan siswa dalam mengaplikasikan dan menerapkan nilai-nilai ajaran agama yang diyakini menuju pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara utuh.

 

4)      Pentas Seni :

Tujuan :

Menumbuhkan sikap aprisiatif dan kreatifitas di bidang seni budaya.

 

 

 

5)      Mengikuti Pertandingan Olahraga :

Tujuan :

Menumbuhkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis serta mengimplementasikan ketrampilan berolahraga.

6)      Muhadloroh :

Tujuan :

§  Melatih siswa untuk berani merancang kegiatan keagamaan dan tampil di muka umum.

§  Membiasakan siswa untuk bekerjasama dalam suasana Islami dalam mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama yang diyakini menuju pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara utuh.

7)      Ekstrakurikuler :

(a)    Baca Tulis Al-Qur’an :

Tujuan :

§  Meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Alquran.

§  Meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi kandungan Alquran.

(b)   Pramuka :

Tujuan :

§  Memberi wahana kepada siswa untuk berlatih berorganisasi

§  Melatih siswa agar terampil dan mandiri

§  Melatih siswa untuk mempertahankan hidup

§  Menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah airnya.

 

(c)    UKS

Tujuan :

·         Melatih Siswa untuk membiasakan hidup bersih dan sehat

·         Menanamkan rasa setia kawan dan kesehatan Fisik maupun mental

·         Memberi wahana kepada siswa untuk berlatih berorganisasi

 

(d)   Bola Voli :

Tujuan :

§  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang bola voli sebagai olahraga prestasi.

§  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa

§  Menumbuhan sportifitas siswa

(e)    Atletik :

Tujuan :

§  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang Atletik sebagai olahraga prestasi.

§  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa

§  Menumbuhan sportifitas siswa

 

(f)    Seni Tari :

Tujuan :

§  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang Seni Tari sebagai salah satu khasanah seni budaya .

§  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa.

§  Menumbuhan kecintaan terhadap kesenian dalam negeri.

 

(g)   Seni Musik :

Tujuan :

§  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang Seni Musik sebagai salah satu seni budaya.

§  Memberikan wahana relaksasi mental siswa.

§  Menumbuhan sikap mampu menerima kesenian modern secara selektif.

 

 

 

(h)   Sepak Bola :

Tujuan :

§  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang Sepak Bola sebagai olahraga prestasi.

§  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa

§  Menumbuhan sportifitas siswa.

 

(i)     Tenis Meja :

Tujuan :

§  Mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang Tenis Meja sebagai olahraga prestasi.

§  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa

§  Menumbuhan sportifitas siswa.

 

b.      Tidak Terstruktur :

1)      Rutin :

a)      Upacara Bendera

Tujuan :

Meningkatkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air pada diri siswa.

b)      Sholat Duhur Berjamaah

Tujuan :

§  Membiasaan siswa dalam melaksanakan ibadah sholat wajib secara berjamaah.

§  Meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai ajaran agama yang diyakini menuju pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara utuh.

 

 

 

 

c)      Sholat Jum’at :

Tujuan :

§  Membiasaan siswa dalam melaksanakan ibadah sholat Jum’at.

§  Meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai ajaran agama yang diyakini menuju pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa secara utuh.

d)     Menjaga Kebersihan Kelas dan Lingkungan :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa untuk selalu menjaga kebersihan.

§  Mengingatkan siswa akan pentingnya menjaga kesehatan

e)      Berdo’a bersama setiap awal dan akhir pelajaran :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa untuk selalu berdo’a setiap melaksanakan kegiatan yang positif sebagai penguat batin.

§  Mengingatkan siswa betapa kecilnya manusia di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

f)       Berjabat tangan dengan guru setiap awal dan akhir pelajaran :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa untuk menyadari persaudaraan.

§  Membiasakan siswa untuk saling mermaafkan.

§  Mengingatkan siswa bahwa setiap manusia tidak luput dari kesalahan.

g)      Menjaga Kerapian Berpakaian :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa untuk selalu berpenampilan rapi.

§  Membiasakan siswa menyadari pentingnya menghargai diri sendiri.

h)      Berbicara sopan setiap saat kepada setiap warga sekolah :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa selalu berkata sopan terhadap sesama.

§  Membiasakan siswa menyadari pentingnya menghargai diri.

 

2.      Kegiatan Spontan :

1)      Membiasakan mengucap salam kepada setiap warga sekolah yang baru ditemui :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa menunjukkan sikap ramah.

§  Membiasakan siswa mendo’akan sesama.

1)      Membiasakan membuang sampah pada tempatnya :

Tujuan :

Membiasakan siswa menjaga kebersihan dan kesehatan.

2)      Membiasakan mengatasi silang pendapat dengan benar :

Tujuan :

Membiasakan siswa bersikap demokratis, jujur, sportif, dan cinta damai.

3)      Kujungan kepada teman yang sakit :

Tujuan :

Membiasakan siswa saling mengasihi sesama dan membantu orang lain yang sedang menderita.

4)      Mengadakan Ta’ziah :

Tujuan :

Membiasakan siswa saling berbagi rasa terhadap orang lain yang sedang kesusahan.

3.      Kegiatan Keteladanan :

1)      Memberi contoh berpakaian rapi :

Tujuan :

Membiasakan memberi contoh yang baik dalam berpakaian sebagai bentuk menghargai diri sendiri dan orang lain.

2)      Meberi contoh datang dan pulang tepat waktu :

Tujuan :

Membiasakan berdisiplin dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat melanggar peraturan sekolah.

 

 

3)      Memberi contoh hidup sederhana :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa menjaga perasaan orang lain yang kurang beruntung.

§  Membiasakan siswa hidup hemat.

4)      Memberi contoh memuji hasil karya yang baik :

Tujuan :

§  Membiasakan siswa menyukai hal-hal yang baik dan positif.

§  Membiasakan siswa tidak merendahkan karya orang lain.

§  Membiasakan siswa menjaga keutuhan dan persatuan.

 

Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri

a)      Kegiatan Pengembangan Diri yang bersifat Teprogram dilaksanakan pada waktu pembelajaran efektif dengan mengalokasikan waktu khusus dalam jadwal pelajaran dibina oleh guru dan konselor sekolah.

 

b)      Kegiatan Pengembangan Diri Terprogram (Ekstrakurikuler) dilaksanalan di luar jam pembelajaran dibina oleh guru, praktisi, atau alumni yang memiliki kualifikasi yang berdasarkan surat keputusan Kepala Sekolah.

 

c)      Kegiatan Pengembangan Diri Tidak Terprogram (rutin, spontan dan keteladanan) dilaksanakan pada waktu jam pembelajaran efektif dibina oleh guru dan konselor sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d)     Jadwal Kegiatan Pengembangan Diri

No.

Nama Kegiatan

Kelas

Hari

Waktu

1

Terprogram

 

 

 

 

a. Wajib Baca

I s/d VI

Selasa s/d  Jumat

06.45 – 07.00

Sesuai jadwal

 

b. Bimbingan Konseling

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Sesuai jadwal

 

c. Peringatan HBN dan PHBI

I s/d VI

Sesuai jadwal

Sesuai jadwal

 

d. Kegiatan Pentas Seni

I s/d VI

Sesuai jadwal

Sesuai jadwal

 

e. Mengikuti Pertandingan OR

I s/d VI

Sesuai jadwal

Sesuai jadwal

 

f. Muhadloroh

I s/d VI

Jum’at

Minggu II dan IV

 

g. KMDM

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Sesuai jadwal

 

h. Ekstrakurikuler

 

 

 

 

  1. Baca Tulis Al-Qur’an

I s/d VI

Rabu

13.00 – 15.00

 

  1. Pramuka

I s/d VI

Sabtu

14.00 – 16.00

 

  1. Bola Voli

I s/d VI

Jum’at

07.00 – 09.00

 

  1. Atletik

I s/d VI

Jum’at

07.00 – 09.00

 

  1. Seni Tari

I s/d VI

Jum’at

14.00 – 16.00

 

  1. Seni Musik / Hadroh

I s/d VI

Kamis

14.00  - 17.00

 

  1. Sepak Bola

I s/d VI

Senin

13.00 – 15.00

 

  1. Tenis Meja

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Sesuai jadwal

2

Tidak Terprogram

 

 

 

 

a. Rutin

 

 

 

 

a.       Upacara Bendera

I s/d VI

Senin

07.00 – 07.45

 

b.      Sholat Dhuhur Berjamaah

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Sesuai jadwal

 

c.       Sholat Jum’at

I s/d VI

Jum’at

Sesuai jadwal

 

d.      Menjaga Kebersihan Kelas dan Lingkungan

 

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

07.00 – 12.45

 

e.   Berdo’a bersama setiap awal dan akhir pelajaran

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Sesuai jadwal

 

f.    Berjabat tangan dengan guru setiap awal dan akhir pelajaran

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Sesuai jadwal

 

g.   Menjaga Kerapian Berpakaian

   

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

07.00 – 12.45

 

h.   Berbicara sopan setiap saat kepada setiap warga sekolah   

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

07.00 – 12.45

 

b. Spontan

 

 

 

 

1.      Membiasakan mengucap salam kepada setiap warga sekolah yang baru ditemui

      

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Situasional

 

2.      Membiasakan membuang sampah pada tempatnya

   

I s/d VI

Senin s/d  Sabtu

Situasional

 

3.      Membiasakan mengatasi silang pendapat dengan benar

     

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

4.      Kunjungan Kepada Teman yang sakit

   

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

5.      Mengadakan Ta’ziah

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

c. Keteladanan

 

 

 

 

1.      Memberi contoh berpakaian rapi

   

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

2.      Memberi contoh datang dan pulang tepat waktu   

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

3.      Memberi contoh hidup sederhana   

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

4.      Memberi contoh memuji hasil karya yang baik

   

I s/d VI

Senin s/d Sabtu

Situasional

 

e)      Alokasi Waktu

      Pengembangan diri untuk kelas I s/d V dialokasikan 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 X 40 menit) . Pengembangan diri untuk kelas VI diarahkan pada program pembelajaran intensif dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional.

 

f)       Penilaian

      Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala (setiap akhir semester) kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk nilai kualitatif.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by MIN Janti | Bloggerized by Agus | Facebook MIN Janti