4 Mata Pelajaran Bahasa Arab
A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyyah meliputi tema-tema tentang perkenalan, peralatan sekolah, pekerjaan, alamat, keluargaku, anggota badan, di rumah, di kebun, di sekolah di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.
D. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah.
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah
3. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah .
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
E. SK DAN KD BAHASA ARAB MI
KLS/ SEM | KODE | STANDAR KOMPETENSI | NO. | KOMPETENSI DASAR |
IV/1 | SK-KD.IV/1 BA. 1.1-3 | 1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi | 1.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف |
1.2 | Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف | |||
SK-KD.IV/1 BA. 2.1-2 | 2. Berbicara Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi | 2.1 | Melakukan dialog sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف | |
2.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف | |||
| SK-KD.IV/1 BA. 3.1-2 | 3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi | 3.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف |
3.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف | |||
SK-KD.IV/1 BA. 4.1-2 | 4. Menulis Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi | 4.1 | Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف | |
4.2 | Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi اسم إشارة + اسم مفرد/علم dan ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي، نحن) + اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم | |||
IV/2 | SK-KD.IV/2 BA. 5.1-2 | 5. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh | 5.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان |
5.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان | |||
SK-KD.IV/2 BA. 6.1-2 | 6. Berbicara Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh | 6.1 | Melakukan dialog sederhana tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان | |
6.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان | |||
SK-KD.IV/2 BA. 7.1-2 | 7. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh | 7.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان | |
7.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان | |||
| SK-KD.IV/2 BA. 8.1-2 | 8. Menulis Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh | 8.1 | Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان |
8.2 | Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث | |||
V/1 | SK-KD.V/1 BA. 1.1-2 | 1.Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan rumah | 1.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang في البيت، في الحديقة + الألوان |
1.2 | Memahami makna kata informasi tentang في البيت، في الحديقة + الألوان | |||
SK-KD.V/1 BA. 2.1-2 | 2. Berbicara Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan rumah | 2.1 | Melakukan dialog sederhana tentang في البيت، في الحديقة + الألوان | |
2.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang في البيت، في الحديقة + الألوان | |||
SK-KD.V/1 BA. 3.1-2 | 3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah | 3.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang في البيت، في الحديقة + الألوان | |
3.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang في البيت، في الحديقة + الألوان | |||
SK-KD.V/1 BA. 4.1-2 | 4. Menulis Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang lingkungan rumah | 4.1 | Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang في البيت، في الحديقة + الألوان | |
4.2 | Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi هذا/هذه + ال + اسم + اسم صفة (نعت) | |||
V/2 | SK-KD.V/2 BA. 5.1-2 | 5. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan sekolah | 5.1 | Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف |
5.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف | |||
| SK-KD.V/2 BA. 6.1-2 | 6. Berbicara Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan sekolah | 6.1 | Melakukan dialog sederhana tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف |
6.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف | |||
SK-KD.V/2 BA. 7.1-2 | 7. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan sekolah | 7.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف | |
7.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف | |||
SK-KD.V/2 BA. 8.1-2 | 8. Menulis Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang lingkungan sekolah | 8.1 | Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف | |
8.2 | Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi مبتدأ + خبر + ظرف أو جار ومجرور أو خبر مقدم + مبتدأ + نعت | |||
VI/1 | SK-KD.VI/1 BA. 1.1-2 | 1. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari. | 1.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang الساعة، الأفعال اليومية |
1.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية | |||
SK-KD.VI/1 BA. 2.1-2 | 2. Berbicara Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari. | 2.1 | Melakukan dialog sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية | |
2.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية | |||
| SK-KD.VI/1 BA. 3.1-2 | 3. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang kegiatan sehari-hari. | 3.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang الساعة، الأفعال اليومية |
3.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang الساعة، الأفعال اليومية | |||
SK-KD.VI/1 BA. 4.1-2 | 4. Menulis Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang kegiatan sehari-hari. | 4.1 | Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية | |
4.2 | Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به | |||
VI/2 | SK-KD.VI/2 BA. 5.1-2 | 5. Menyimak Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan yang telah dilakukan | 5.1 | Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang الواجب المنزلي، الرحلة |
5.2 | Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang الواجب المنزلي، الرحلة | |||
SK-KD.VI/2 BA. 6.1-2 | 6. Berbicara Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan yang telah dilakukan | 6.1 | Melakukan dialog sederhana tentang الواجب المنزلي، الرحلة | |
6.2 | Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الواجب المنزلي، الرحلة | |||
SK-KD.VI/2 BA. 7.1-2 | 7. Membaca Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan | 7.1 | Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang الواجب المنزلي، الرحلة | |
7.2 | Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang الواجب المنزلي، الرحلة | |||
SK-KD.VI/2 BA. 8.1-2 | 8. Menulis Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang kegiatan yang telah dilakukan | 8.1 | Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang الواجب المنزلي، الرحلة | |
8.2 | Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi فعل ماض + فاعل + مفعول به |
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 komentar:
Posting Komentar