KKM 3 Adakan Workshop Penyusunan Soal
Kelompok
Kerja Kepala Madrasah (KKKM) 3 bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) KKM
3 mengadakan Workshop penyusunan kisi-kisi soal dan analisis butir soal bagi
guru kelas Mata Pelajaran Umum dan Mata Pelajaran Agama Islam (PAI) di MIT
Al-Madinah Kecamatan Balong. Acara
ini merupakan pendiseminasian dari workshop yang diadakan oleh KKG Kabupaten Ponorogo di MIT Amanatul Ummah Kauman Sumoroto pada tanggal 5-6 Februari 2020 yang diwakili oleh 10 peserta dari masing-masing KKM.
Acara Workshop Se-KKM 3 ini dilaksanakan pada
tanggal 12 Februari 2020 yang dihadiri
oleh pengawas wilayah KKM 3 (Kecamatan Slahung, Balong, Ngrayun, Bungkal dan
Sambit) dan diikuti oleh 140 peserta dari masing-masing Madrasah dilingkungan
KKM 3. Dalam Sambutannya Pengawas yang diwakili oleh Ibu Farida Royani, M.Pd.I memberikan
arahan kepada peserta “Untuk mempersiapkan Ujian Madrasah kelas VI yang
berbasis komputer di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dikarenakan ujian
madrasah tidak lagi soalnya dari pusat, namun dari satuan pendidikan
masing-masing. Maka dari itu,
untuk memudahkan guru dalam pembuatan soal dengan mengacu pada pedoman,
workshop ini sangat bermanfaat bagi guru karena ini merupakan makanan
sehari-hari”.
Ungkapan ini senada dengan sambutan dari
perwakilan ketua KKKM 3 Bapak Jemarin “Ujian Madrasah dilaksanakan pada
masing-masing satuan pendidikan. Oleh karena itu guru harus bisa menyusun soal
yang benar sesuai dengan acuan sehingga dalam menyusun soal tersebut layak sesuai SOP,
maka manfaatkan acara ini dengan
sebaik-baiknya”.
Setelah
acara pembukaan selesai, penyampaian materi disampaikan oleh bapak Puput Fendy
Atmoko, S.Pd dari MIN 3 Ponorogo dan dilanjutkan membentuk kelompok untuk
menyusun soal hingga selesai yang dikordinatori oleh 10 peserta yang mengikuti
workshop yang diadakan oleh KKG Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini berlangsung
hingga menjelang maghrib.
Selain
tugas guru mengajar, guru dituntut untuk melaksanaka kegitan evaluasi terhadap peserta
didik karena untuk mengetahui sukses dan tidak dalam melaksanakan pembelajaran,
namun tidak semua evaluasi dapat mengukur suksesnya pembelajaran karena ada faktor,
salah satunya instrumen tes yang kurang layak. Oleh sebab itu guru harus mampu menyusun soal yang benar sesuai dengan
pedoman agar tercapai tujuan pembelajaran dan dapat mengukur hasil belajar
secara maksimal.
0 komentar:
Posting Komentar