Laman

Jumat, 03 September 2010

MEDP

Latar Belakang

Madrasah merupakan pranata Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas No.20/2003)
- Partisipasi Madrasah (MI,MTs,MA) 13% hingga 18% dari APK.
- 91% Madrasah adalah swasta, melayani masyarakat miskin dan pedesaan.

Masalah Pendidikan Madrasah

Lulusan madrasah sulit diterima pada perguruan tinggi terbaik dan memperoleh pekerjaan di sektor non - keagamaan. Guru madrasah masih memiliki kualifikasi pendidikan dibawah standar dan mismatch. Fasilitas belajar pada madrasah umumnya dibawah standar nasional pendidikan. Lebih dari 90% madrasah kekurangan dana pendidikan. Partisipasi MT dan MA dapat ditingkatkan untuk mrncapai tujuan pendidikan nasional.

Tujuan Jangka Panjang

Bersama dengan pemerintah dan pihak lainnya memberikan kontribusi dalam peningkatan jumlah penempatan tenaga kerja formal, peningkatan pendapatan rumah tangga dan peningkatan kualifikasi pendidikan bagi para calon pekerja.

Tujuan Jangka Pendek

Meningkatkan mutu dan keberlanjutan (sustainability) pendidikan madrasah (MI,MTs,MA)

Indikator



- Meningkatkan kinerja akademik berdasarkan tes seperti : PISA/TIMMS dan UN.
- Paling tidak 70% madrasah cakupan proyek akreditasinya naik satu tingkat pada tahun 2011.
- Persepsi masyarakat akan mutu pendidikan madrasah menjadi lebih positif.


Output


1. Peningkatan profesionalisme guru sesuai standar nasional pendidikan.
2. Peningkatan fasilitas belajar-mengajar sesuai standar nasional pendidikan.
3. Peningkatan efisiensi internal sesuai standar nasional pendidikan.
4. Penguatan tatakelola, manajemen, dan sustainability madrasah.


Komponen Proyek

1. Meningkatkan profesionalisme guru sesuai standar nasional pendidikan
  • Upgrading S1 dan Sertifikasi Profesi
  • Penyediaan guru pengganti
  • Pelatihan materi dan metodologi pengajaran
  • Pelaksanaan KKG/MGMP dan pemberdayaan MDC
  • Kompetisi keunggulan (Inovasi pembelajaran dan pelaksanaan MDP)
2. Meningkatkan fasilitas belajar - mengajar sesuai standar nasional pendidikan
  • Penyediaan buku pelajaran pokok (matematika, IPA, Bhs Inggris, Bhs Indonesia dan IPS)
  • Rehab ruang belajar, perpustakaan, lab dan sanitasi
  • Penyediaan alat dan bahan pelajaran, komputer, buku perpustakaan dan meubelair
  • Merancang dan menerapkan program pemeliharaan sarana pendidikan
3. Meningkatkan efisiensi internal sesuai standar nasional pendidikan
  • Melaksanakan program remedial dan pengayaan materi
  • Menyediakan beasiswa transisi MTs dan MA
  • Meningkatkan kapasitas daya tampung
4. Memperkuat tata kelola ( Governance), Manajemen dan Sustaiaibility
  • Menyusun dan melaksanakan rencana pengembangan madrasah (MDP)
  • Menerapkan manajemen berbasis madrasah (MBM) akuntabilitas publik
  • Membangun sistem penilaian dan penjaminan mutu pembelajaran
  • Melaksanakan pendampingan (Advocacy) dan pelayanan informasi publik 
Kriteria Propinsi dan Kabupaten

> PROPINSI   : Jumlah Madrasah
> KABUPATEN : - Tingkat Kemiskinan
                      - Tidak mendapat loan pendidikan lainnya
                      - Adanya dukungan Pemda.

Kriteria Madrasah

  • Rasio Negeri : Swasta = 1:9
  • Jumlah Siswa : ( Jawa : 150-500, Sulawesi selatan : 100-500)
  • Tingkat Kemiskinan : Penghasilan keluarga < Rp.200.000/bl >75% dari jumlah siswa
  • Kualifikasi Guru : (MI:D2 > 20%, MTs:D2 & D3 > 20%, MA:D3 & S1>20%)
  • MI dan MTs = 87% jumlah madrasah cakupan proyek
  • Mempunyai potensi untuk mencapai standar nasional pendidikan.
Waktu Pelaksanaan

MEDP akan berlangsung selama 5 tahun,mulai dari 1 April 2007 sampai 31 Maret 2012. Aktifitas tahun pertama akan difokuskan pada kegiatan perencanaan dan koordinasi, pengembangan sumber daya manusia,perencanaan pembangunan madrasah dan program peningkatan kualifikasi pendidikan bagi para guru dan kepala madrasah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by MIN Janti | Bloggerized by Agus | Facebook MIN Janti